content marketing

Mengenal Apa Itu Content Marketing

Ada banyak strategi pemasaran digital yang bisa membantu meningkatkan bisnis Anda. Salah satunya yaitu content marketing atau pemasaran konten. Istilah konten sudah sangat akrab di telinga kita semua. Konten adalah informasi yang bisa diakses melalui media atau produk elektronik. Lantas apa yang dimaksud dengan pemasaran konten? Simak artikel ini untuk pembahasan selengkapnya!

Pengertian Content Marketing

Pemasaran konten adalah jenis digital marketing yang fokus pada konten, mulai dari perencanaan, pembuatan, hingga pendistribusian. Melalui proses tersebut maka akan menghasilkan keuntungan yang diinginkan oleh pengiklan. Meskipun begitu, pemasaran konten tetap menawarkan nilai dan manfaat bagi audiens yang melihatnya. Ada tiga kunci penting dalam pemasaran konten yaitu relevan, bernilai, dan konsisten.

Bentuk dan Jenis 

Berikut ini adalah bentuk dan jenis dari pemasaran konten:

1. Blog Post

Konten blog post lebih banyak berupa artikel. Namun terkadang ada juga yang menggunakan konten lain seperti video, audio, ataupun gambar. Banyak orang mencari informasi melalui website sehingga blog post dianggap paling efektif untuk pemasaran. Dengan teknik optimasi SEO, konten blog post juga memberikan hasil yang sangat menjanjikan.

2. Social Media

Sebagian besar pengguna internet menggunakannya untuk membuka media sosial. Tidak heran jika konten social media adalah konten yang layak diperhitungkan. Agar hasilnya lebih maksimal, konten tersebut harus didukung dengan social media marketing.

3. Infografik

Infografik merupakan konten yang menarik secara visual karena menampilkan gambar, statistik, dan teks. Kebanyakan orang memilih konten infografik ketika ingin menampilkan hal-hal kompleks. Pasalnya konten ini bisa membuat hal kompleks terlihat lebih sederhana dan mudah dipahami.

4. Video

Siapa sih yang tidak mengenal konten video. Jenis konten ini menjadi jenis konten yang paling diminati akhir-akhir ini. Namun membuat konten video harus memperhatikan beberapa hal. Contohnya yaitu durasi video, isi, dan lain sebagainya.

Tujuan dan Manfaat

Melalui pemasaran konten tersebut, ada beberapa tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan oleh pebisnis. Berikut di antaranya:

1. Meningkatkan Konversi

Pemasaran konten dapat membantu meningkatkan conversion rate bisnis Anda. Conversion rate sendiri merupakan persentase keberhasilan website dalam menghasilkan tindakan. Misalnya kunjungan website, transaksi pembelian, transaksi pembayaran, dan lain sebagainya. Jika conversion rate meningkat, maka keuntungan pun bisa meningkat. 

2. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness yaitu seberapa dikenalnya produk oleh konsumen atau audiens. Brand dengan awareness yang tinggi mudah dikenali oleh konsumen. Jadi ketika membutuhkan produk, maka brand tersebut yang akan diingat pertama kali. Pemasaran konten salah satunya juga bisa membantu meningkatkan brand awareness

3. Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu bertahan lama. Jadi tidak hanya peningkatan konversi dan brand awareness, Anda juga membutuhkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang percaya mungkin akan membeli dan merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Sementara pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi akan selalu membeli produk Anda. Pemasaran konten yang maksimal bisa membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. 

Penutup

Di era maraknya media sosial seperti sekarang, content marketing atau pemasaran konten menjadi jenis pemasaran yang sangat efektif. Sebelum menerapkannya, Anda wajib mengetahui dan mengenal mengenai pemasaran konten. Apabila ingin menjalankan pemasaran konten dengan lebih efektif dan efisien, Anda bisa menghubungi tim IDEOWORKS. 

Agensi digital satu ini menawarkan semua jenis pemasaran digital, termasuk pemasaran konten. Tim akan membantu merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi campaign dari awal sampai akhir. Jadi jangan ragu untuk bekerja sama dengan tim IDEOWORKS.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *