senam kegel

5 Manfaat Senam Kegel Bagi Ibu Hamil Serta Panduannya yang Tepat!

Salah satu aktivitas yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil adalah senam kegel. Lebih lengkap mengenai berbagai manfaat yang bisa didapatkan, bisa Anda simak ulasannya di bawah ini. 

Manfaat Senam Ini Untuk Ibu Hamil

Berbagai manfaat yang diberikan dari senam kegel bagi ibu hamil ini, diantaranya sebagai berikut: 

  • Membantu Memperkuat Otot-Otot Panggul

Latihan kegel ini dapat membantu menguatkan otot-otot dasar pada panggul, sehingga dapat memberi tekanan ekstra pada panggul dan memberikan dukungan penuh untuk janin bisa bertumbuh. 

  • Meningkatkan Kesadaran Akan Panggul

Latihan ini juga secara tidak langsung dapat membuat ibu hamil bisa lebih sadar akan kondisi otot-otot panggulnya. Hal ini akan sangat bermanfaat saat mendukung kelancaran proses persalinan ibu hamil. 

  • Mengurangi Terjadinya Inkontinensia Urin

Perubahan hormonal serta peningkatan tekanan pada kandung kemih saat sedang berada fase kehamilan, sejatinya dapat mengakibatkan inkontinensia urin. Latihan kegel, dapat mengurangi hal tersebut karena bisa membantu memperkuat otot-otot yang mendukung kandung kemih. 

  • Mempercepat Pemulihan Pasca Persalinan

Otot-otot panggul yang menjadi lebih kuat karena rutin melakukan latihan kegel ini, sejatinya dapat mempercepat proses pemulihan pasca persalinan ibu hamil. 

Teknik Latihan Kegel Untuk Ibu Hamil

Berikut ada beberapa teknik senam kegel yang tepat untuk dilakukan oleh ibu hamil

  • Latihan Dasar

Kencangkan otot-otot pada area panggul setidaknya selama 5 detik, lalu lepaskan selama 5 detik juga. Ulangi sebanyak 10 kali, dan lakukan beberapa kali dalam satu hari. 

  • Peningkatan Durasi Latihan

Selang beberapa minggu, tingkatkan durasi latihan kontraksi otot menjadi selama 10 detik, lalu ikuti dengan istirahat selama 10 detik juga. Ulangi setidaknya sebanyak 3 kali dalam satu hari. 

Ada baiknya dalam mempersiapkan masa kehamilan dan persalinan, penting untuk mempersiapkan kebutuhan bayi baru lahir seperti halnya pemilihan popok terbaik untuk bayi.

Dan salah satu popok terbaik untuk bayi baru lahir yang bisa Anda pilih ini adalah, popok dari MAKUKU SAP Diapers, yang memiliki keunggulan dari daya serap cairan yang tinggi, lapisan popok yang super tipis, dan juga anti gumpal. 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *